Apa yang Anda Butuhkan di Komputer Anda sebagai Pemula Coding?

Apa yang Anda Butuhkan di Komputer Anda sebagai Pemula Coding?

Apa yang Anda Butuhkan di Komputer Anda sebagai Pemula Coding? – Pengkodean dan pengembangan perangkat lunak adalah karier di mana keterampilan Anda lebih penting daripada gelar atau sertifikat yang tergantung di dinding Anda. Jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda tahu apa yang diperlukan untuk sukses, Anda akan mendapatkan pekerjaan.

Apa yang Anda Butuhkan di Komputer Anda sebagai Pemula Coding?

binaryjs.com – Ada beberapa jalur berbeda yang dapat Anda ambil menuju karier ini sebagai pemula coding. Anda dapat berinvestasi dalam kursus perguruan tinggi, menghadiri kamp pelatihan keterampilan, atau menggunakan pelajaran dan buku online untuk mengajar diri Anda sendiri.

Baca Juga :Para Ahli Yakin Kurikulum Pengkodean Alberta Bisa Diterima

Dilansir dari laman kompas.com  Menghabiskan puluhan ribu dolar dengan mengikuti dua opsi pertama itu mudah, itulah sebabnya begitu banyak pembuat kode generasi berikutnya belajar sendiri cara mengembangkan perangkat lunak. Jika Anda tertarik dengan proses ini, berikut fakta-fakta yang harus Anda ketahui untuk menemukan kesuksesan.

Jenis Komputer yang Dibutuhkan untuk Pengkodean

Jika Anda memulai perjalanan coding Anda, satu aturan dasar berlaku untuk komputer yang Anda gunakan: Beli atau buat yang terbaik. Kualitas pekerjaan Anda bergantung pada keandalan apa yang Anda gunakan untuk membuatnya.

Karena ada berbagai tahap pengembangan dan alat unik yang diperlukan untuk spesialisasi pengkodean, tidak ada kumpulan standar yang mencakup semua yang harus dipenuhi komputer Anda.

Namun, ada beberapa persyaratan umum untuk dipertimbangkan yang akan membuat hidup Anda lebih mudah saat Anda memulai proses pembelajaran:

1. Prosesor Intel Core i5 dengan frekuensi 3 GHz
2. Minimal RAM 4 GB, tetapi ruang untuk ditingkatkan menjadi 16 GB jika Anda mampu membelinya
3. Solid-state drive 256 GB, bukan hard disk drive tradisional
4. Daya tahan baterai enam jam jika Anda memilih laptop
5. Komputer yang menawarkan dukungan resmi Linux

Salah satu fitur yang diabaikan oleh banyak pemula coding adalah kualitas keyboard. Anda akan mengetik sepanjang hari, setiap hari tentang hal ini, jadi Anda membutuhkan sesuatu yang tidak berkompromi dengan kualitas.

Banyak pembuat kode lebih memilih keyboard kompak untuk memanfaatkan tata letak terkompresi, tetapi kenyamanan Anda lebih penting daripada preferensi orang lain. Jika Anda bekerja dalam kondisi cahaya redup, pilih opsi yang menyediakan cahaya latar.

Bagaimana Mengkonfigurasi Komputer Anda agar Siap untuk Coding

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menghapus semua penundaan tombol pada keyboard Anda. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menempatkan opsi pengulangan ke “cepat” dan “pendek”, bukan “lambat” dan “nonaktif”. Perubahan ini memungkinkan Anda untuk memindahkan kursor keyboard di sekitar layar Anda dengan kecepatan lebih tinggi, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas Anda.

Kemudian, Anda ingin mengatur layar desktop Anda sehingga Anda dapat membaginya menjadi beberapa jendela. Alih-alih membuat banyak penyesuaian manual setiap kali Anda mulai bekerja, gunakan alat seperti Magnet untuk memberikan tampilan yang benar secara otomatis.

Sebagian besar programmer menemukan bahwa memiliki setidaknya dua layar atau monitor untuk digunakan juga membantu.

Langkah selanjutnya melibatkan fungsi pelengkapan otomatis Anda. Pembuat kode menggunakan perintah yang sama berulang kali sepanjang pekerjaan mereka. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetik beberapa karakter yang dapat dimengerti komputer, dan kemudian memasukkan perintah umum lainnya dengan izin dari Anda.

Ini juga membantu mewarnai kode Anda agar lebih mudah mengelola data secara mental. Bahkan dalam sesuatu yang sederhana seperti HTML5, Anda dapat menggunakan warna yang berbeda untuk melihat header, footer, dan bagian dengan cepat untuk tinjauan cepat. Gunakan sistem apa pun yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda di bidang ini.

Kemudian, luangkan waktu untuk menghapus semua gangguan dari layar Anda. Anda tidak boleh membuka lebih dari tujuh tab dalam banyak situasi. Jika Anda memiliki lebih dari 10, Anda harus lebih teratur.

Pastikan Anda mematikan pemberitahuan email dan media sosial saat Anda berlatih atau bekerja, karena mereka akan merampok banyak waktu Anda.

Sekarang Anda siap untuk mulai bekerja! Tidak masalah bahasa pengkodean apa yang Anda putuskan untuk mulai belajar karena yang pertama selalu yang paling menantang. Pilih opsi yang nampaknya menarik, karena itu akan membuat pikiran Anda tetap tertarik pada proses pembelajaran. Memulai dengan sesuatu yang tidak terasa terlalu sulit akan membantu, karena bahasa yang terlalu menantang dapat mengurangi motivasi Anda.

Anda juga dapat membaca buku yang membandingkan bahasa pemrograman, seperti yang satu ini — menjanjikan untuk mengajari Anda tujuh bahasa dalam tujuh minggu.

Alat Perangkat Lunak yang Anda Butuhkan

Beberapa alat terbaik untuk pemrogram bersifat intuitif dan mudah digunakan. Beberapa perangkat lunak pemrograman membutuhkan kurva belajar yang lebih curam. Apa pun pilihannya, daftar lengkap alat perangkat lunak yang Anda butuhkan ini akan mengubah keterampilan pengkodean Anda dari baik menjadi hebat jika Anda bersedia bekerja keras.

Bahasa Kueri Terstruktur

SQL membantu Anda mempelajari cara bekerja dengan database. Pengetahuan ini memungkinkan Anda untuk membaca, memperbarui, atau menghapus informasi dari tabel. Ini mencakup perintah dasar yang Anda butuhkan untuk pengkodean, dan kemudian membawa Anda melalui kueri kompleks yang memungkinkan eksplorasi kreatif melalui fungsi lanjutan.

Editor Teks

Pemrogram perlu mengetahui cara menggunakan setidaknya satu editor teks di tingkat ahli. Notepad adalah alat standar yang digunakan dalam industri, tetapi opsi lanjutan seperti Sublime Text dapat membawa pekerjaan Anda ke tingkat berikutnya, karena mendukung fungsi pencarian dan penggantian.

Linux

Anda perlu menggunakan Linux di beberapa titik dalam karir Anda sebagai pembuat kode. Mempelajari perintah Linux akan membantu Anda memecahkan masalah, menemukan informasi yang diperlukan, dan tetap produktif. Kemampuan yang Anda miliki untuk menyesuaikan alur kerja Anda dengan alat ini memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi proses Anda tanpa mengorbankan produktivitas. Linux Bib

le adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Microsoft Office

Anda akan menggunakan sejumlah besar Excel, Access, Word, dan PowerPoint dalam karier Anda sebagai pembuat kode. Mengenal program-program ini dan laporan yang mereka hasilkan akan meningkatkan keterampilan komunikasi Anda sambil membantu mengelola sistem data. Alat seperti ini dapat membantu Anda memulihkan file dengan cepat jika rusak, tidak disimpan dengan benar, atau terhapus secara tidak sengaja sehingga jumlah informasi minimum menjadi tergeser.

Git, GitHub, dan Subversion

Sumber daya ini akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam pengkodean karena mengajarkan beberapa konsep lanjutan yang diperlukan untuk aplikasi profesional, seperti penggabungan dan percabangan. Masing-masing mengambil pendekatan berbeda untuk konsep lanjutan yang perlu Anda ketahui untuk pekerjaan pengkodean harian Anda, menjadikannya solusi yang harus dimiliki saat Anda bekerja untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Python

Bahasa pemrograman tingkat tinggi pembuatan skrip ini memungkinkan Anda membangun aplikasi besar untuk mempromosikan tingkat otomatisasi tambahan dalam kode Anda. Hampir semua hal dimungkinkan dengan modulnya, termasuk pembelajaran mesin, untuk meningkatkan efisiensi jangka panjang Anda. Ini juga menyediakan sintaks dengan cara non-kompleks untuk membantu pemula mempelajari dasar-dasar pengkodean saat mereka memulai.

PowerShell

PowerShell mirip dengan Command Prompt di Windows, tetapi ini memberi Anda lebih banyak kekuatan untuk mengerjakan pengkodean. Ini memberi Anda otomatisasi tugas dan bantuan konfigurasi menggunakan bahasa skrip dan shell baris perintah berdasarkan kerangka .NET. Ini akan menghilangkan banyak kendala yang pada akhirnya akan Anda temui saat bekerja di Windows, sambil memberikan lebih banyak pemahaman tentang konsep Linux.

Apakah Anda Siap Memulai Perjalanan Coding?

Hanya dibutuhkan beberapa alat pemrograman untuk membantu Anda menjadi pembuat kode yang lebih baik. Dunia pengembangan perangkat lunak memang mengasyikkan karena selalu berubah. Bahkan para profesional yang telah bekerja selama lebih dari satu dekade mempelajari sesuatu yang baru setiap hari.
Dengan kecerdasan buatan dan otomatisasi yang menunggu di masa depan, pengkodean bisa menjadi karir yang tepat untuk generasi berikutnya.

Berikut adalah hal-hal penting tentang cara memulai pengkodean sendiri.

1. Munculkan proyek sederhana

Anda tidak bisa belajar pertukangan tanpa membuat beberapa lemari. Begitu pula, saat Anda belajar membuat kode, praktik terbaiknya adalah membuat program. Tanpa proyek yang jelas itu, mudah kehilangan fokus dan motivasi. Jadi, buatlah sebuah ide, dan bekerja menuju tujuan itu.

Coba dan buat proyek tetap sederhana. Misalnya, buat hidup Anda lebih mudah dengan kalkulator anggaran atau coba buat klasik lama seperti Hangman.

Kami tidak dapat menekankan betapa pentingnya hal ini. Jadi sebelum Anda menyelami memilih bahasa atau membaca buku, buatlah sebuah ide. Dapat satu? Bagus. Ayo lanjutkan.

2. Dapatkan perangkat lunak yang Anda perlukan

Anda tidak perlu banyak untuk mulai menulis kode. Itu memastikan komputer Anda tahu cara menjalankannya yang terkadang membutuhkan sedikit penyiapan. Jadi, jika Anda benar-benar baru dalam pemrograman, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Ini bisa sesederhana editor teks

Saat menulis kode, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyimpan file sebagai jenis yang benar. Misalnya, jika Anda menggunakan Python, Anda akan menyimpan file teks Anda sebagai .py, bukan .txt. Anda dapat membuat hidup Anda lebih mudah dengan mengunduh Notepad ++, yang membantu Anda menemukan tempat Anda membuat kesalahan dalam kode.

Komputer Anda perlu mengetahui cara membaca kode

Saat Anda menjalankan file, komputer Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan dengan semua kode itu. Jadi pastikan Anda mencari apa yang perlu Anda instal sebelum mencoba menjalankan file.

Anda bisa mendapatkan perangkat lunak yang akan menyatukan semua yang Anda butuhkan

Setelah Anda mengetahui bahasa apa yang ingin Anda pelajari, dan mulai membuat program yang lebih kompleks, Anda pasti ingin mengunduh Integrated Development Environment (IDE).

Sebuah IDE menyatukan cara untuk mengedit kode Anda, melihatnya berjalan dalam waktu nyata dan membuat file akhir yang Anda butuhkan. Itu tidak penting, tapi membuat hidup jadi jauh lebih mudah.

Pahami konsol

Anda mungkin terbiasa menggunakan komputer dengan antarmuka yang dirancang dengan baik. Ini disebut Graphical User Interface (GUI). Tetapi sekarang Anda akan menjadi seorang programmer, ada baiknya mengetahui cara menggunakan jendela hitam kekuasaan: konsol. (Antarmuka Baris Perintah.)

Baca Juga : Cara Mengunci Folder di Komputer Windows dan MacOS

Ini tidak sulit, tetapi mungkin tidak Anda kenal. Ada tutorial bagus oleh The New Boston tentang cara menggunakan Command Line Windows.